Selasa, 03 Maret 2009

Berbuat : Kegemasan akan Talk Only

“Jangan tanya apa yang telah negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang telah kamu berikan kepada negara.”

Setidaknya itulah versi Indonesia yang diucapkan Jhon F. Kennedy pada waktu itu. Kalimat yang mendunia itu, saya dengar pada puluhan tahun lalu saat saya masih kecil. Bahkan orang tua saya menulis besar-besar di dinding sekolah agar anak didiknya memahami makna yang terkandung didalam kalimat tadi.

Sampai sekarang saya pun belum bisa memahami makna besar kalimat Presiden terkenal negeri paman Sam tersebut.

Kalau saya boleh menterjemahkan secara gamblang adalah BERBUAT.

Satu KATA yang mewakili Satu KALIMAT namun memiliki makna yang penting. Setidaknya bagi saya. Semua kita pasti pernah Berbuat .

Berbuat bagi negara ini,
Berbuat bagi daerah kita,
Berbuat bagi lingkungan sekitar,
Berbuat bagi keluarga,
Berbuat bagi sahabat,
Bahkan yang terkecil sekalipun, berbuat bagi diri sendiri.

Intinya : BERBUAT

Apakah itu berbuat secara besar atau pun hanya perbuatan yang kecil, Tak Masalah. Yang penting memiliki manfaat.

Berbuatlah detik ini, menit ini, jam ini, hari ini, bulan ini, atau tahun ini juga.
Karena melakukan perbuatan kecil yang bermanfaat lebih baik daripada ide besar yang cuma hanya dalam benak pikiran kita saja.

Apalagi Talk Only.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar