Jumat, 20 Februari 2009

Teamwork : kegemasan akan kesolidan tim

Demikian bahasa keren dari Negeri Paman Sam untuk mengartikan Kerja tim. Dengan bahasa sederhana Kerja tim merupakan suatu kegiatan yang dilakukan bersama-sama yang melibatkan beberapa orang dalam suatu tim untuk melaksanakan kegiatan.

Kerja tim juga sebenarnya sudah dilakukan sejak nenek moyang kita dulu. Namun bahasa yang digunakan tentu tidak sekeren sekarang yaitu Gotong royong. Budaya gotong royong saat ini sudah mulai terkikis. Di beberada daerah budaya ini memang masih mengakar di setiap aktivitas daerahnya. Pentingnya budaya gotong royong ini tentunya sangat berguna sekali.

Disamping suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, melalui gotong royong juga menimbulkan rasa kebersamaan selain wadah silaturahmi antar masyarakatnya.

Diperkotaan saat ini budaya gotong royong jarang sekali kita temui. Makna gotong royong sudah mengalami pergeseran. Sesuatu pekerjaan saat ini selalu dimaknai dengan suatu imbalan yang harus diperoleh bagi yang melakukannya. Pola yang sudah terbentuk di benak kita saat ini bahwa segala sesuatu pekerjaan itu dimaknai dengan imbalan, membuat suatu pekerjaan tidak berjalan dengan baik bila memang pekerjaan tersebut memang bersifat sosial.
Kerja tim yang diharapkan pun akan mengalami hambatan bila segelintir orang dalam tim sudah terbenak akan imbalan.

Sekarang, mampukah kita bekerja dalam sebuah tim? Yang akan bekerja dalam koridor kesepakatan tim yang harus dijalankan. Bukan hanya semata-mata keputusan kita sendiri yang akan kita laksanakan. Disinilah dituntut suatu pembelajaran sehingga kebijakan tim merupakan kebijakan yang dijalankan, bukan semaunya kebijakan kita.

Benarkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar